Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Mengenal IP Address Beserta Fungsi dan Pembagian Kelasnya

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan
    Halo Sobat semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan materi mengenai IP Address.

B. Latar Belakang
    Latar belakang penggunaan sebuah IP address adalah untuk memberikan sebuah alamat suatu host yang ada di internet.

C. Maksud dan Tujuan
    Bermaksud untuk memahami konsep jaringan dari tahapan awal secara bertahap dengan tujuan agar pemahaman dasar jaringan tercapai.

D. Waktu Pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari Jum'at, tanggal 26 April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
    IP address adalah sebuah alamat logis yang berfungsi sebagai pengenal dan di gunakan untuk memberi alamat suatu host di internet. IP address ini terdiri dari 32 bit bilangan yang di bagi di dalam 4 oktet, dan di setiap oktet terdiri dari 8 bit. Dan di setiap oktetnya di batasi oleh tanda titik dua. Untuk memdahkan proses distribusinya, IP address di bagi menjadi beberapa kelas, yaitu A, B, C, D dan E. IP address terbagi dalam dua bagian, yaitu Network ID dan Host ID. Nah network ID di sini berfungsi sebagai bagian dari IP address yang menunjukkan lokasi jaringan komputer tersebut berada. Sedangkan host ID menunjukkan seluruh host TCP/IP yang lain dalam jaringan tersebut dengan catatan host ID ini harus unik dalam satu network.


Fungsi Dari IP Address
  1. Sebagai alat untuk mengidentifikasi host atau interface pada jaringan. Fungsi ini dapat di gambarkan  seperti halnya nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut, dan di dalam jaringan komputer berlaku hal yang sama.
  2. Sebagai alamat lokasi jaringan. Fungsi ini dapat di gambarkan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP address memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju. 
Pembagian Kelas IP Address

  • IP Address Kelas A, merupakan IP address dengan jumlah yang sangat besar, dan biasanya digunakan untuk jaringan yang sangat besar dengan jumlah host yang sangat banyak. Contoh penggunaan IP address : 113.46.5.6 , 113 berfungsi sebagai network ID sedangkan 46.5.6 berfungsi sebagai host ID
  • IP Address Kelas B, merupakan IP address dengan jumlah host yang sedang, jumlah maksimal dari host IP kelas  B berkisar 65.534 host, sehingga IP ini cocok untuk jaringan dengan jumlah host yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Contoh penggunaan IP address Kelas B adalah : 132.92.121.1 , 132.92 berfungsi sebagai network ID sedangkan 121.1 berfungsi sebagai host ID.
  • IP Address Kelas C, merupakan IP address dengan jumlah host yang sangat kecil, dan digunakan untuk jaringan kecil seperti di sekolah, di kantor maupun instansi perumahan, jumlah maksimal host pada IP address ini hanya 254 host. Contoh penggunaan IP Address Kelas C adalah : 192.168.1.2 , 192.168.1 merupakan network ID dan 2 merupakan host ID-nya.
  • IP Address Kelas D, Kelas ini digunakan untuk IP multicast, empat bit pertama pada oktet pertama bernilai 1110 ( bilangan biner ) dan menjadi network identifier. Lalu 28 bit berikutnya digunakan sebagai host identifier. Range IP kelas D di mulai dari 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255.
  • IP Address Kelas E, IP Address kelas E digunakan sebagai eksperimen. empat bit awal pada oktet pertama kelas IP Address ini diset dengan nilai 1111 bilangan biner dan menjadi network identifier . Lalu untuk 28 bit berikutnya digunakan untuk host identifier. Range IP kelas E mulai dari 240.0.0.0 sampai 254.255.255.255.  Baca juga Mengenal Apa Itu Prefix dan Subnet Mask
F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat memahami mengenai IP address dengan baik, sehingga kita sudah memiliki dasar dari ilmu sebuah jaringan.

G. Kesimpulan
    IP address adalah alamat logis yang berfungsi untuk menjadi pengenal dan memberikan alamat pada suatu host di internet.

H. Referensi

https://www.utopicomputers.com/pembagian-kelas-ip-address-b-c-d-dan-e-pada-ipv-4/

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal IP Address Beserta Fungsi dan Pembagian Kelasnya"

Post a Comment