Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Mengenal Apa Itu Prefix dan Subnet Mask

Assalamualaikum Wr.Wb


A. Pendahuluan

    Halo Sobat IT semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai apa itu prefix dan subnet mask.

B. Latar Belakang
    Latar belakang penulisan ini adalah untuk membagikan pengetahuan kepada saya selaku penulis dan pembaca mengenai apa itu prefix dan subnet mask.

C. Maksud dan Tujuan
    Bermaksud untuk berbagi mengenai pengetahuan dalam pemahaman prefix dan subnet mask. Bertujuan agar kita semua tidak mengalami kebingungan untuk membedakan antara sebuah prefix dan subnet mask.

D. Waktu Pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari , tanggal April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
    Prefix IP Address adalah sebuah cara yang digunakan khususnya untuk masalah pengalamatan IP (IP Address) yang berfungsi sebagai penunjuk seberapa banyak bit yang terdapat pada ip address dimana ip address tersebut merupakan porsi dari netword-id didalam dunia jaringan komputer.
    Nah, pada pembahasan yang sebelumnya, saya telah membagikan materi mengenai IP address beserta fungsi dan pembagian kelasnya. Dan telah kita ketahui juga bahwa IP Address ini terbagi ke dalam 32 bit angka biner dan didalamnya sudah terdapat Network-id dan host-id. Dan kedua tersebut sama-sama mempunyai fungsinya tersendiri, berikut adalah fungsi dari kedua bagian tersebut :
Network-id, berfungsi untuk melakukan identifikasi alamat jaringan, sehingga jika ada jaringan lain yang ingin melakukan komunikasi, kita tinggal menuju ke network-id tersebut.
Host-id merupakan suatu identitas komputer yang berada didalam sebuah jaringan.
    Tadi kan sudah saya jelaskan mengenai prefix IP address, sekarang saya akan menjelaskan mengenai prefix itu sendiri. Prefix adalah sebuah media didalam jaringan komputer yang memiliki fungsi sebagai penunjuk berapa banyak suatu Bit dari sebuah IP Address yang merupakan porsi dari Network-ID. Dengan adanya prefix , maka kita sudah bisa mengetahui host mana saja yang bisa kita pakai dalam jaringan tersebut. Prefix pada umumnya digunakan dalam melakukan sebuah konfigurasi pada perangkat router. Dibawah ini adalah contoh penulisan sebuah format prefix :

192.168.3.0/24

    Pada format penulisan yang ada diatas, bisa diketahui bahwa "/24" adalah prefix dari jaringan yang mempunyai IP address 192.168.3.0, dan jika alamat ip 192.168.3.0 ini dirubah kedalam format 32 bit angka biner maka angka 24 awal adalah network-id, sedangkan sisa 8 bitnya adalah nilai untuk host-id. Nah itulah pengertian mengenai prefix, sekarang saya akan membahas mengenai subnet mask.
    Subnet mask sebetulnya sama dengan prefix, yaitu berfungsi sebagai penentu nilai Network-id serta nilai Host-Id dalam bentuk bilangan biner. Nah mungkin kalian juga bertanya, mengapa sih saya menjelaskan prefix terlebih dahulu daripada subnet mask ? padahal fungsinya juga hampir sama. Karena nilai dari suatu subnet mask itu mengikuti nilai dari sebuah prefix.
Fungsi Subnet Mask
  1. Digunakan untuk membedakan antara network id dengan host id
  2. Digunakan untuk menentukan alamat tujuan dari sebuah paket data, apakah itu local atau remote.
  3. Membuat sebuah jaringan menjadi lebih terstruktur dan tertata.
  4. Sebagai identitas atau penanda dari sebuah jaringan.

F. Hasil Yang Didapat
    Dapat mengetahui perbedaaan dan kesamaan dari sebuah prefix dan subnet mask.

G. Kesimpulan
    Prefix adalah metode yang di gunakan sebagai penanda seberapa banyak bit yang terdapat pada ip address dimana ip address tersebut merupakan porsi dari netword-id didalam dunia jaringan komputer. Sedangkan subnet mask juga memiliki fungsi yang sama dengan prefix, hanya saja nilai dari subnet mask itu sendiri mengikuti nilai dari sebuah prefix.

H. Referensi
https://meretas.com/pengertian-subnet-mask-dan-prefix-ip-address/

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Dan selamat bertemu di blog-blog selanjutnya.



Wassalamualaikum Wr.Wb




















Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Apa Itu Prefix dan Subnet Mask"

Post a Comment