Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Memahami Standard Operating Prosedure (SOP)

Assalamualaikum Wr.Wb


A. Pendahuluan
    Halo sobat semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas materi seputar Standar Operasional Prosedur (SOP). Apa itu SOP dan apa manfaatnya bagi kita ? untuk mendapatkan jawabannya bacalah artikel ini sampai selesai.

B. Latar Belakang
    Pengimplementasian sebuah Standar Operasional Prosedur (SOP) di dunia kerja berfungsi untuk menjaga konsistensi pekerjaan dari pegawai.

C. Maksud dan Tujuan
    Maksud saya menulis artikel ini adalah agar sobat semua tahu bagaimana standart prosedur yang benar dalam bekerja dan dengan harapan agar sobat bisa menyiapkannya untuk dunia kerja.

D. Waktu Pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari Senin, tanggal April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan

Pengertian
    Standart Operating Prosedure (SOP) merupakan sebuah rangkaian instruksi kerja tertulis yang terdokumentasi mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan. Di dalam bidang bisnis, terkhusus bidang industri, maka istilah Standar Operasional Prosedur sudah tidak asing lagi. Mengapa demikian ? karena SOP ini dijadikan sebuah patokan dalam bekerja sesuai dengan tata kerja, prosedur, dan sistem kerja di dalam sebuah perusahaan. Selain itu, SOP juga dijadikan sebuah acuan bekerja sesuai dengan alat penilaian kinerja pegawai.

Fungsi Standard Operating Prosedure (SOP)
    Fungsi utama dari SOP adalah untuk memudahkan seorang pegawai dalam menjalankan pekerjaannya. Mengapa demikian ? karena di dalam bekerja seorang pegawai sudah memiliki patokan yang di jadikannya pedoman dalam bekerja. Selain dari itu, berikut ini adalah fungsi dari SOP.
  1. Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
  2. Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  3. Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak
  4. Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
  5. Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)
  • Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
Manfaat Standard Operating Prosedure (SOP)
  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
  2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
  4. Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  5. Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
  6. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  7. Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
  8. Memberikan informasi mengenai kualifikasikompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  9. Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
  10. Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikul oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
Keuntungan adanya Standard Operating Prosedure (SOP)
  • SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
  • Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
  • SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.
Teknik Menyusun Standard Operating Prosedure (SOP)
    Ada tujuh tahapan atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, antara lain sebagai berikut:
  1. Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Membuat rancangan awal.
  3. Melakukan evaluasi internal.
  4. Melakukan evaluasi eksternal.
  5. Melakukan uji coba.
  6. Menempatkan prosedur pada unit terkait.
  7. Menjalankan prosedur yang sudah dibuat.
Baca artikel terkait
F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat mengetahui pedoman bekerja, sehingga bisa menjadi bekal nantinya dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

G. Kesimpulan
    SOP adalah standard yang di gunakan oleh semua pegawai dalam menjalankan pekerjaannya. Dengan adanya SOP, maka pekerjaan yang di lakukan oleh pegawai menjadi lebih sistemis dan terstruktur.

H. Referensi

ebook PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Dan selamat bertemu di blog-blog selanjutnya.



Wassalamualaikum Wr.Wb




















Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memahami Standard Operating Prosedure (SOP)"

Post a Comment