Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Training Hari Ke Dua Mikrotik MTCNA dan MTCRE || BLC TELKOM Klaten

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan

  Halo Sobat semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan topik mengenai sertifikasi training mikrotik. Dan di hari ini merupakan hari ke dua saya mengikuti training mikrotik. Berikut ini adalah materi yang di bahas oleh Pak Ziad pada hari ini.

1. DHCP,
2. Bridging,
3. Routing,
4. Wireless,
5. Distance, dan
6. Fitur ARP,

B. Latar Belakang
  Latar belakang dari penyelenggaraan sertifikasi training mikrotik ini adalah untuk memberikan training kepada anak PRAKERIN BLC TELKOM.

C. Maksud dan Tujuan
  Bermaksud untuk mengikuti training dengan baik dengan tujuan mendapatkan ilmu mengenai perangkat mikrotik.

D. Waktu Pelaksanaan
  Di laksanakan pada hari Jum’at, tanggal 05 April 2019 dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

E. Pembahasan
  Pada training MTCNA di hari ke dua kali ini, Pak Ziad Sobri memberikan materi mengenai modul 2 DHCP Server, DHCP Client dan ARP. Lalu modul 3 yang berisi static route, serta modul 4 yang berisi materi wireless. Tapi sebelum materi di berikan, kita di bagi ke dalam beberapa kelompok yang berisi 4 sampai 5 orang. Kelompok ini nantinya akan membuat sebuah lab yang di mana dari salah satu anggotanya harus menjadi seorang ISP.
Nah berikut ini adalah sedikit materi yang dapat saya tangkap dari kegiatan yang saya ikuti pada hari ini.

1. DHCP
  DHCP adalah protokol yang berbasis client/server yang berfungsi untuk memudahkan dalam pengalokasian alamat IP dalam suatu jaringan. Dan apabila di sebuah jaringan lokal di pasang DHCP, maka komputer yang tersambung akan mendapatkan alamat IP secara otomatis. Selain itu, DHCP juga memberikan parameter lain seperti, Default Gateway dan DNS Server.

2. Bridge
  Adalah salah satu fitur di mikrotik yang di gunakan untuk menggabungkan beberapa interface yang berbeda menjadi satu segment dengan menggunakan teknik bridging. Nah di sini yang di maksud menggabungkan beberapa interface menjadi satu adalah tidak ada perbedaaan segment pada jaringan di dalamnya.

3. Routing
  Merupakan sebuah proses meneruskan paket jaringan dari sa tu jaringan ke jaringan lainnya melalui internetwork. Nah untuk melakukan itu semua membutuhkan sebuah perangkat yang berperan sebagai penghala. Dan penghala di sini berfungsi untuk menerima paket-paket yang di tujukan ke jaringan di luar jaringan pertama dan kemudian meneruskannya kepada penghala lainnya  hingga sampai ke tujuan.

4. Wireless
  Merupakan salah satu interface di mikrotik yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan satu dengan yang lainnya di antaranya wireless. Ada beberapa mode yang wireless yang dapat di gunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing, seperti sebagai access point (pemancar), sebagai station (penerima), dll. Namun di dalam bridge network ini, tidak semua mode wireless support terhadap L2 bridging terutama mode wireless station (penerima).

5. Distance
  Di gunakan untuk memberikan sebuah prioritas parameter DHCP yang di lakukan secara manual.

6. Fitur ARP
  Salah satu fitur di mikrotik yang berfungsi untuk memetakan antara IP address dan MAC address yang di miliki oleh suatu komputer.

F. Hasil Yang Di Dapat
  Dapat lebih memahami lagi mengenai fitur-fitur yang ada di dalam sebuah mikrotik beserta fungsinya.

G. Kesimpulan
  Pada hari ini cukup banyak materi yang telah kami dapatkan dari Pak Ziad Sobri, seperti DHCP, Bridge, Routing, Wireless, Distance, fitur ARP, dan Firewall.
H. Referensi

I. Penutup
     Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Training Hari Ke Dua Mikrotik MTCNA dan MTCRE || BLC TELKOM Klaten"

Post a Comment