Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Pembahasan Project Kelompok


Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan


     Halo sobat semua, berjumpa lagi di blog saya Belajar Komputer. Pada Kesempatan kali ini, saya akan membagikan aktivitas saya dalam mengerjakan project tim yang di buat di BLC TELKOM Klaten, yaitu membuat jaringan warnet dan voucher wifi.

B. Latar Belakang
     Latar belakang dari kegiatan ini adalah untuk menyelesaikan project yang telah kita buat, yaitu membuat jaringan warnet dan voucher wifi.

C. Maksud dan Tujuan
     Kegiatan ini bermaksud untuk membuat sebuah kelompok yang terdiri dari berbagai anak PRAKERIN yang di campurkan menjadi satu kelompok. Dan kelompok ini bertujuan untuk menyelesaikan sebuah project yang masih berkaitan dengan sebuah jaringan.

D. Waktu Pelaksanaan
     Di laksanakan pada hari Selasa, tanggal 02 April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
     Pada PRAKERIN hari ini, kegiatan saya adalah untuk mulai mengerjakan project yang telah kami buat secara berkelompok. Dan karena belum ada rancangannya sama sekali, jadi hari ini kami fokus untuk menyusun planning terlebih dahulu. Pertama, kami mulai memikirkan sebuah topologi jaringan yang akan kita buat. Dan setelah topologi itu jadi, kita mulai menyusun apa saja yang di perlukan di dalam warnet yang akan kita buat, seperti alat dan bahan, jumplah dari alat dan bahannya, lokasi yang akan di pilih, serta perincian pembiayaan. Lalu, kita susun semua yang kita perlukan tadi ke dalam bentuk sebuah diagram. Nah, berikut ini adalah diagram yang telah kita buat dari data yang telah kami susun bersama-sama.



     Itu tadi adalah sedikit gambaran dari project yang akan kita buat yang kemudian akan di tawarkan kepada klient. Nah di saat kita mempresentasikan project ke klient nantinya, ada beberapa etika yang harus kita terapkan. Berikut ini adalah etika yang harus kita terapkan saat mempresentasikan sebuah project ke klient.
  1. Gunakan kaidah bahasa yang baku dan benar saat presentasi,
  2. Jangan gunakan bahasa yang berbelit-belit,
  3. Jelaskan project kita secara umum terlebih dahulu, jangan langsung menjelaskan ke bagian mekanisme teknis, dan lain-lain,
  4. Jangan memaksa klient untuk menerima project dari Anda.

     Untuk dapat menyelesaikan project yang kita buat di kelompok, kita membutuhkan semangat kekompakan tim, saling bertukar pikiran, dan komunikasi yang baik antara satu dengan yang lainnya. Tanpa itu semua, sebagus apapun project yang sudah kita gagas secara bersama tidak akan dapat selesai. Sehingga, di dalam sebuah tim kita tidak boleh bersifat indiviualis dan egois. Kita harus bekerjasama sebagai sebuah tim

F. Hasil Yang Di Dapat
     Hasil yang saya dapatkan dari kerja kelompok ini adalah saya lebih tahu bagaimana mekanisme yang harus di lakukan dalam pengerjaan sebuah project, cara penyusunan sebuah rencana dan bagaimana etika kita saat menghadapi klient.

G. Kesimpulan
     Dalam melakukan pembuatan sebuah project kelompok, di perlukan sebuah kekompakan dan komunikasi yang lancar, sehingga dalam proses pengerjaannya tidak terjadi sebuah kendala yang dapat menghambat proses pengerjaan.

H. Referensi
            -
I. Penutup
     Cukup sekian yang dapat saya bagikan dari pengalaman saya dalam membentuk sebuah tim yang bertugas membuat sebuah project. Semoga bisa menjadi acuan kalian untuk dapat di terapkan di sekolah maupun untuk menambah pengetahuan kalian mengenai mekanisme kerja kelompok.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembahasan Project Kelompok"

Post a Comment