Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Evaluasi Rutin || 20 April 2019

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan


  Halo Sobat semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan topik mengenai evaluasi rutinan Anak PRAKERIN di BLC TELKOM Klaten. 

B. Latar Belakang
Latar belakang dari evaluasi ini adalah untuk memperbaiki kinerja kita selama seminggu dan mengetahui kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan dalam pekerjaan kita.

C. Maksud dan Tujuan
Bermaksud untuk melakukan evaluasi dengan tujuan agar dapat menemukan solusi bagaimana cara mengatasi permasalahan yang tengah saya hadapi selama seminggu.

D. Waktu Pelaksanaan
Di laksanakan pada hari Sabtu, tanggal 20 April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

E. Pembahasan
    Pada hari Sabtu kali ini, tangggal 20 april 2019 seperti biasa kami anak yang magang di BLC TELKOM Klaten melakukan evaluasi rutin. Evaluasi yang kita selalu laksanakan ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja kita dan memperbaiki permasalahan yang sedang kita dapati selama seminggu melakukan pekeerjaan. Di evaluasi kali ini, kita di temani langsung oleh Mbah Suro. Nah di kesempatan ini pula Mbah menyampaikan beberapa hal yang harus kita perbaiki lagi untuk ke depannya. Yang pertama, Mbah bertanya kepada kita semua, apa sih permasalahan kalian selama ini dan adakah yang mempunyai solusi untuk menyelesaikannya. Nah di sinilah teman-teman mulai menyampaikan permasalahan-permasalahannya satu-persatu. Namun, dari semua permasalahan yang telah di sampaikan oleh teman-teman, ternyata menurut Mbah Suro kita itu juga belum menyadari mengenai permasalahan yang sesungguhnya. Berikut ini adalah permasalahan kita semua yang di sampaikan langsung oleh Mbah Suro.

1. Kurangnya komunikasi
    Nah di permasalahan ini, Mbah itu mengibaratkan kita ini sebagai seorang yang masih kalah dengan pekerja kuli bangunan.  Kenapa kita di katakan oleh Mbah masih kalah dengan seorang pekerja kuli bangunan ? karena seorang kuli bangunan saja setiap ingin melakukan pekerjaannya selalu bertanya terlebih dahulu kepada seorang mandor dari mana ia akan memulai pekerjaannya dan campuran apa saja yang perlu ia buat untuk dapat membangun sebuah gedung. Nah dengan mengikuti arahan dari mandornya itulah, pekerjaan dari seorang kuli bangunan akan lebih terstruktur dan pembangunan pun akan berjalan lancar. Itulah perbedaannya dengan kita, bahwa kita di sini saja tidak pernah berkonsultasi dengan Mbah mengenai rencana kerja kita dan apa permasalahan yang kita hadapi dalam pengerjaannya. Di sini  permasalahannya, bagaimana Mbah sebagai pembimbing bisa tahu sudah sampai mana perkembangan kita kalau kita saja tidak pernah melakukan konsultasi sama sekali. Dan Mbah pun juga bingung apabila akan memberikan kita sebuah pekerjaan, karena Mbah juga tidak tahu kita ini sudah bisa apa saja. 

2. Masih berjalan sendiri-sendiri
    Yang di maksud ber jalan sendiri-sendiri di sini adalah bahwa kita ini  di sini masih memiliki rasa egois. Di sini itu kita masih memikirkan diri sendiri dan tidak ada rasa kebersamaan dengan orang lain.

3. Tidak punya pegangan
    Di sini Mbah menggambarkan kita sebagai seorang yang tidak memiliki sebuah pegangan, Sehingga kita ini mudah terbawa arus oleh orang lain. Apa yang menyebabkan kita mudah terbawa arus ? karena ibarat kita ini akan menyeberang ke tempat lain dengan melewati sebuah sungai, kita ini masih tidak memiliki pegangan yang dapat kita gunakan sebagai sebuah patokan untuk melewati sungai tersebut. Dan yang saya maksud patokan di sini adalah Mbah Suro itu sendiri, jadi kita di sini pun butuh Mbah Suro yang bisa memberikan masukkan-masukan dan solusi atas masalah kita yang kita dapati.

4. konsisten, komitmen dan kontinyu
    Permasalahan ini juga sering saya dapati, karena saya ini masih seringg bermasslah dengan komitmen saya. Contoh apabila kemarin rencana kerja saya kemarin ingin menyelesaikan pemahaman OSI layer, namun di tengah jalan saya melihat teman ngoprek mikrotik. Dan akhirnya saya pun bingung ingin mengerjakan yang mana. Nah kalau kita saja sudah bermasalah dengan komitmen, bagaimana bisa kita berbicara tentang sebuah kata konsisten dan kontinyu tentu masih jauh sekali bukan.

5. Bekerja tidak sesuai SOP dan K3
    Semua yang kita kerjakan di sini itu masih tidak sesuai dengan SOP yang menjadi standart bagi kita dalam melakukan pekerjaan dan masih kurang dalam pemahaman K3.

6. Pencapaian kerja tidak ada yang selesai
    Menurut Mbah apa yang selama ini sudah kita lakukan di sini itu belum ada yang mencapai kelulusan pencapaian kerja.
   
F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat lebih memahami lagi mengenai masalah kita di sini dan semoga bisa di perbaiki lagi semuanya, sehingga kita bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

G. Kesimpulan
    Sebagai seorang yang sedang magang, kita itu harus selalu sadar diri dan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pembimbing kita. Sehingga kita tidak kehilangan sebuah pegangan dan tidak kehilangan tujuan.

H. Referensi
       -
I. Penutup
Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Evaluasi Rutin || 20 April 2019"

Post a Comment