Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Mengenal Internet Layer Pada TCP/IP

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan



Halo Sobat semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan materi mengenai internet layer pada permodelan protokol TCP/IP.

B. Latar Belakang
      Latar belakang penulisan ini adalah untuk berbagi pengetahuan dengan pembaca mengenai lapisan internet pada protokol TCP/IP.

C. Maksud dan Tujuan
         Bemaksud untuk berbagi pengetahuan mengenai arsitektur TCP/IP lapisan internet. Bertujuan agar pembaca juga dapat mengetahui fungsi dari masing-masing lapisan dalam protokol TCP/IP.

D. Waktu Pelaksanaan
Di laksanakan pada hari Senin, tanggal 22 April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan



     Internet Layer yaitu merupakan salah satu lapisan dari permodelan lapisan protokol TCP/IP. Layer ini mendefinisikan mengenai bagaimana hubungan dapat terjadi antara dua pihak yang berada pada jaringan yang berbeda seperti Network Layer pada OSI. Pada jaringan Internet yang terdiri dari berpuluh juta7 host dan ratusan ribu jaringan lokal, lapisan ini memiliki tangggungjawab untuk menjamin agar suatu paket yang dikirimkan dapat menemukan tujuannya dimana pun berada. Dan oleh karena itu juga, lapisan ini memiliki peranan penting terutama dalam mewujudkan internetworking yang meliputi wilayah luas. Berikut ini adalah beberapa tugas penting pada lapisan internet :
  1. Addressing, yaitu melengkapi setiap datagram dengan alamat Internet dari tujuan. Lalu alamat yang di berikan dari protokol inilah yang di sebut IP Address.
  2. Routing, adalah proses menentukan ke arah mana datagram akan dikirim agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan, dan di sini perangkat yang di gunakan adalah router.
  3. Melakukan proses transfer data dari Network access layer ke transport layer dan sebaliknya.
    Dan untuk melakukan itu semua, pastinya internet layer tidak melakukannya pekerjaan ini sendirian. Sebagaimana layer yang lainnya, layer ini juga di dukung oleh beberapa protokol lain. berikut ini adalah daftar dari protokol yang membantu internet layer dalam bekerja.

  • IP (Internet Protocol) 
    Adalah protokol di internet yang bertugas dalam menangani problem yang terjadi pada pengalamatan dan mengatur pengiriman paket data hingga sampai ke alamat  yang benar.

  • ICMP (Internet Control Message Protocol)
    Adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan bila terjadi masalah pengiriman paket data. Pesan ICMP akan di kirim apabila terjadi masalah pada layer IP dan layer yang di atasnya.

  • ARP (Address Resolution Protocol)
    Adalah protokol yang di gunakan untuk memetakan IP address dengan ethernet address. ARP ini bekerja dengan cara mengirimkan paket yang berisikan sebuah IP address yang ingin di ketahui alamat ethernetnya ke alamat broadcast ethernet.

  • IGMP  
  • RARP
F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat lebih memahami lapisan-lapisan dari protokol TCP/IP dan OSI layer secara lebih mendalam.

G. Kesimpulan
       Internet layer adalah salah satu arsitektur dari protokol TCP/IP yang berfungsi untuk menentukan arah dalam pengiriman sebuah data hingga sampai ke tujuan, dengan menggunakan perangkat router.

H. Referensi

Modul TCP-IP-Standar-Disain-dan-Implementasi
https://irwanzulkifli.wordpress.com/2014/01/23/pengertian-tcp-ip-layer-jenis-layer-dan-cara-kerja-tcp-ip-2/

I. Penutup
Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Internet Layer Pada TCP/IP"

Post a Comment