Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Cara Memperbaiki Terminal Linux Yang Tidak Dapat Di Gunakan Untuk Menginstall

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan


    Halo semua, berjumpa lagi dengan saya Dani fitriana di blog Belajar Komputer. Pada ksempatan kali ini, saya akan berbagi materi mengenai permasalahan yang pernah saya alami dengan sistem opersai linux yang saya gunakan saat ini.Nah, untuk lebih jelasnya baca saja artikel ini sampai akhir.

B. Latar Belakang  
    Latar belakang saya menulis ini adalah karena saya ingin apabila pembaca mengalami masalah yang sama dengan yang pernah saya alami, mereka dapat menyelesaikannya.

C. Maksud dan Tujuan
    Bermaksud untuk berbagi materi tentang cara menangani masalah pada sistem operasi linux.

D. Waktu Pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari Selasa, tanggal 09 April 2019 dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
    Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang problem yang saya dapatkan saat memakai sistem operasi linux. Nah, masalah yang kali ini saya dapatkan adalah karena saya gagal dalam melakukan instalasi aplikasi wps. Dan setelah kegagalan itulah terminal saya menjadi terkunci, walaupun dapat di buat menulis perintah seperti terminal yang normal. Tetapi terminal saya itu tidak dapat di buat menginstall aplikasi apapun, karena masih terdapat problem yang tadi. Tentu untuk saya yang baru menggunakan linux pasti sangat kebingungan. Setelah itu saya mencari ke berbagai sumber bagaimana cara mengatasinya, dan alhamdulilah saya dapat mengatasinya dengan perintah-perintah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka terminal pada linux lalu ketikkan perintah sudo apt-get update –fix-missing, lalu tekan enter dan masukkan password root anda. Nah, untuk mengetahui berhasil tidaknya, kita coba untuk menginstall aplikasi program lain. Dan apabila masih juga terkunci, coba masukkan perintah selanjutnya.
  2. langkah kedua, ketikkan perintah sudo dpkg –configure -a, lalu coba tes kembali dengan cara seperti yang pertama. Dan apabila masih gagal lagi, coba ketikkan sudo apt-get install -f, Coba kembali, dan apabila masih tidak bisa lagi gunakan cara manual.

Cara Manual

  1. Pertama, ketikkan sudo gedit /var/lib/dpkg/status, nah, dengan perintah ini kita bisa membuka file status dpkg menggunakan aplikasi text editor. Jika tidak mau terbuka, mungkinsaja komputer anda belum menginstall gedit. Dan cobalah ganti kata 'gedit' menjadi 'nano', 'vi', 'pluma', ataupun teks editor yang anda miliki.
  2. Kedua, lacak paket yang berstatus unpacket  contoh seperti : “Status: installed ok unpacket“)secara manual dari baris perbaris ataupun dengan menggunakan kombinasi CTRL+F.
  3. Lalu, apabila permasalahnnya sudah ditemukan hapus satu blok mulai dari tulisan paket yang bermasalah sampai baris terakhir sebelum nama dari paket lain (di tandai oleh spasi 1 baris kosong), lalu save.
  4. Selanjutnya, buka kunci dpkg (program penginstall) dengan mengetikkan perintah di terminal sudo fuser -vki /var/lib/dpkg/lock, kemudian jalankan dengan perintah sudo dpkg –configure -a
F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat memahami cara mengatasi masalah mengenai terminal yang tidak bisa untuk menginstall yang terjadi di sistem operasi linux.

G. Kesimpulan
    Semua kesalahan pasti ada juga cara menyelesaikannya, jadi apabila mendapati sebuah masalah langsung saja di coba perbaiki.

H. Referensi
https://dhamy.wordpress.com/2013/06/30/perbaiki-kerusakan-paket-program-di-ubuntu/

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikelini bermanfaat bagi kalian semua.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memperbaiki Terminal Linux Yang Tidak Dapat Di Gunakan Untuk Menginstall"

Post a Comment