Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Mengenal Apa itu TCP/IP dan Jenis Arsitektur Dari TCP/IP

Assalamualaikum Wr.Wb


A. Pendahuluan

  Halo sobat semua, berjumpa lagi di blog saya Belajar Komputer. Pada Kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit materi mengenai sejarah dari TCP/IP dan arsitektur protokol dari TCP/IP.

B. Latar Belakang
Latar belakang dari penulisan ini adalah saya ingin berbagi materi mengenai sejarah dari TCP/IP dan arsitektur protokol dari TCP/IP.

C. Maksud dan Tujuan
    Bermaksud untuk memahami materi mengenai ptrotokol TCP/IP dari awal terlebih dahulu, sehingga dalam pemahamannya tidak terbalik-balik.

D. Waktu Pelaksanaan
Di laksanakan pada hari Rabu, tanggal 10 April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
    Protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan untuk tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain didalam jaringan internet. Protokol ini tidak dapat berdiri sendiri karena berupa kumpulan protokol (Protocol suite). Sejarah dari terciptanya TCP/IP berawal dari lahirnya ARPANET yaitu jaringan paket Switching digital yang didanai oleh DARPA (Defence Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1969. Sementara itu ARPANET terus bertambah besar sehingga protokol yang digunakan pada waktu itu tidak mampu menampung jumlah node yang semakin banyak. Oleh karena itu DARPA mendanai pembuatan protokol komunikasi yang lebih umum yaitu TCP/IP menjadi standart ARPANET pada tahun 1983.
    DARPA juga mendanai suatu proyek yang mengimplementasikan protokol ini kedalam BSD dan UNIX sehingga dimulailah hubungan antara UNIX dengan TCP/IP. Pada awalnya internet digunakan untuk menunjukan jaringan yang menggunakan internet protocol (IP). Internet digunakan untuk menunjuk pada komunitas jaringan komputer worldwide yang saling dihubungkan dengan protokol TCP/IP. Perkembangan TCP/IP di terima oleh kalangan luas karena memiliki keunggulan sebagai berikut:

1.Perkembangan protokol TCP/IP menggunakan standar protokol terbuka.
2.Tidak tergantung pada perangkat keras atau sistem operasi jaringan tertentu.
3.Cara pengalamatan bersifat unik dalam skala global.
4.TCP/IP memiliki fasilitas routing.

Arsitektur protokol TCP/IP

1. Application Layer
    Lapisan aplikasi menyediakan program untuk aplikasi pengguna dan bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara program komputer.

2. Transport Layer
    Lapisan ini merupakan protokol yang mengatur aliran data dari dua host atau bisa di definisikan sebagai lapisan yang bertugas untuk melakukan pengiriman end to end host secara handal. Contoh protokol yang bekerja di lapisan ini adalah TCP dan UDP.

3. Internet Layer
    Lapisan ini mendefinisikan bagaimana hubungan dapat terjadi antara dua pihak yang berbeda pada jaringan yang berbeda. Lapisan ini juga berfungsi sebagai penjamin agar paket yang dikirim dapat menemukan tujuannya, tugas penting dalam layer ini adalah Addresing yaitu melengkapi setiap datagram dengan alamat internet tujuan.

4. Network Interface Layer
    Merupakan Lapisan yang berfungsi sebagai pengatur penyaluran data frame-frame pada media fisik yang digunakan secara handal.

F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat lebih memahami materi mengenai TCP/IP serta arsitektur dari protokol TCP/IP ini.

G. Kesimpulan
    TCP/IP adalah Protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan untuk tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain didalam jaringan internet.

H. Referensi

https://idcloudhost.com/mengenal-sejarah-tcpip/Pengertian TCP/IP

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Apa itu TCP/IP dan Jenis Arsitektur Dari TCP/IP"

Post a Comment