Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Presentation layer


Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan

     Halo sobat semua, berjumpa lagi di blog saya Belajar Komputer.Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit wawasan mengenai Presentation Layer. Presentation layer adalah salah satu dari 7 model lapisan OSI. Layer ini merupakan lapisan keenam dan memiliki fungsi utama untuk menerjemahkan aplikasi menjadi bentuk data untuk di transmisikan ke layer selanjutnya dan sebaliknya, ia pun akan menerjemahkan kembali dari data ke aplikasi.

B. Latar Belakang

     Latar belakang dari tulisan saya kali ini adalah karena saya ingin sharing mengenai presentation layer.

C. Maksud dan Tujuan

     Bermaksud untuk sharing mengenai materi seputar presentation layer dan bertujuan untuk lebih memahami fungsi masing-masing dari setiap layer.

D. Waktu Pelaksanaan

     Di laksanakan pada hari Jum’at, tanggal 29 Maret 2019 dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
  • Pengertian
     Presentation layer adalah salah satu dari 7 model lapisan OSI. Layer ini merupakan lapisan keenam dan memiliki fungsi utama untuk menerjemahkan aplikasi menjadi bentuk data untuk di transmisikan ke layer selanjutnya dan sebaliknya, ia pun akan menerjemahkan kembali dari data ke aplikasi. Di lapisan ini pula data mulai di sajikan dalam format-format seperti, JPEG, Doc, ASCII, text EBCDIC, binary, dan BCD.
  • Fungsi Utama Dari Presentation Layer
  1. Melakukan enskripsi pesan atau data, yaitu ketika menjadi transmitter, lapisan ini akan mengamankan data yang di transmisikan dan dan ketika lapisan ini menjadi receiver, ia akan membuka enskripsi dari data yang di terimanya.
  2. Melakukan proses kompresi dan dekompresi, kompresi yaitu proses pemadatan data agar mudah untuk di lanjutkan ke dalam sebuah jaringan.
  3. Melakukan pemformatan pada bentuk grafis, di sini beberapa aplikasi mengharuskan data berbentuk grafis saat di tampilkan dan sebaliknya.
  4. Menyajikan data, layer ini memiliki fungsi untuk membantu dalam menyajikan data, baik data yang akan di tampilkan di application layer maupun yang akan di teruskan ke session layer.
  5. Menentukan tipe data yang ada, Di sini presentation layer itu ibarat sebuah gerbang yang akan membukakan jalan menuju application layer. Tanpa adanya layer ini, maka application layer akan kesulitan dalam menampilkan sebuah data ke dalam format tertentu. Contohnya saja apabila application layer menerima data dalam format gambar.
  • Protokol Yang di Gunakan Dalam Presentation Layer
     Di lapisan presentation layer protokol yang di gunakan adalah VTP (Virtual Terminal Protocol). Dan berikut ini beberapa fungsi dari VTP ini.
  1. Memberikan pemeliharaan struktur data yang melewati lapisan presentation
  2. Melakukan penerjemahan karakteeristik terminal menjadi bentuk yang standar
  3. Memberikan layanan enskripsi, Di gunakan untuk memberikan pengamanan terhadap data dan juga informasi agar tidak bisa di lihat oleh pihak yang tidak memiliki kaitan.
  4. Memberikan pelayanan kriptografi, di gunakan untuk melakukan proses enskripsi.
F. Manfaat Yang Di Dapat

     Dapat menambah wawasan yang lebih di dalam konteks pemahaman 7 model OSI layer beserta fungsinya.

G. Kesimpulan

     Tugas utama dari presentation layer adalah sebagai penerjemah untuk data dalam berbagai format.

H. Referensi

H. Penutup
     Cukup itu saja pengalaman yang dapat saya bagikan kepada kalian,semoga bermanfaat untuk kalian semua.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Presentation layer"

Post a Comment