Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Session Layer


Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan


     Halo Sobat semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan materi mengenai Session layer. Apakah yang kalian ketahui mengenai Session Layer ?
Session Layer adalah salah satu di antara 7 model OSI layer. Layer ini bertindak sebagai user apabila ia menerima data dari sebuah jaringan dan bertindak sebagai layer ketika melakukan pengiriman data.

B. Latar Belakang

     Latar belakang tulisan saya kali ini yaitu untuk membagikan wawasan mengenai Session Layer. Selain itu, saya ingin menyelesaikan target saya untuk memahami OSI layer.

C. Maksud dan Tujuan

     Bermaksud untuk membagikan wawasan mengenai Session Layer dan bertujuan untuk lebih memahami mengenai lapisan Session Layer.

D. Waktu Pelaksanaan

     Di laksanakan Pada hari Kamis, tanggal 28 Maret 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
  • Pengertian
     Session Layer adalah salah satu di antara 7 model OSI layer. Layer ini bertindak sebagai user apabila ia menerima data dari sebuah jaringan dan bertindak sebagai layer ketika melakukan pengiriman data. Lapisan ini bertanggungjawab dalam melakukan sinkronisasi pertukaran data antar komputer, melakukan management dalam sebuah koneksi, membuat struktur sesi komunikasi dan mengendalikan dialog antar node.
  • Fungsi Dari Session Layer
  1. Melakukan komunikasi pada sebuah jaringan, Peran ini sangat penting dalam sebuah jaringan. Karena tanpa adanya komunikasi maka sebuah jaringan tidak dapat berjalan dan bekkerja dengan semestinya.
  2. Pembentukan hubungan, di sini node akan membentuk kontak tertentu dalam sebuah jaringan dan menyepakati aturan-aturan komunikasi.
  3. Pemindahan dan pertukaran data, di sini node yang tersedia di pakai untuk melakukan proses dialog dalam pertukaran data.
  4. Pemutusan Hubungan Dalam Suatu Jaringan, apabila terjadi koneksi yang terputus-putus, berarti terjadi kesalahann saat konfigurasi di session layer.
  • Jenis Komunikasi Session
  1. Simplex, adalah bentuk komunikasi yang berjalan searah, sehingga tidak ada timbal balik di dalam komunikasi yang terjadi.
  2. Half-Duplex, adalah bentuk komunikasi yang berjalan dua arah, sehingga terdapat timbal balik di dalam komunikasi. Akan tetapi half-duplex dalam melakukannya membutuhkan beberapa waktu dan harus bergantian.
  3. Full-Duplex, Sama seperti Half-Duplex, hanya saja Full-Duplex lebih efisien karena dapat melakukan secara bersamaan dan tanpa harus menunggu salah satu pihak melakukan komunikasi.
  • Penggunaan Dari Session Layer
     Di sini Session Layer berhubungan erat dengan SQL, karena dengan menggunakan ini Session Layer dapat bekerja untuk membangun komunikasi dengan jaringan. Dan Session Layer juga memiliki beberapa protocol yang membantunya dalam bekerja. Berikut ini adalah protocol yang di gunakan dalam Session Layer.
  1. NETBIOS (Netbios Extended User Interface)
  2. PAP (Printer Access protocol)
  3. NETBEUI
  4. NFC (Network File System)
  5. SQL (Structured Query Language)
  6. X Windows
  7. AppleTalk Session Protocol (ASP)
  8. Remote Procedure Call ( RPC)
  9. RTCP (Real-Time Transport Control Protocol)
  10. PPTP (Point to Point Tunelling Protocol)
  11. OSI Session Layer Protocol
F. Manfaat Yang Di Dapat

     Dapat lebih memahami materi mengenai Session layer, sehingga dapat menambah wawasan kita dalam memahami lapisan per lapisan model OSI.

G. Kesimpulan

     Lapisan Session layer ini berperan penting dalam sebuah jaringan, yaitu untuk melakukan pengiriman data.

H. Referensi


I. Penutup
     Cukup sekian artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Session Layer"

Post a Comment