Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Physical layer



Assalamualaikum Wr.Wb



A.Pendahuluan


     Halo sobat semua,berjumpa lagi di blog saya belajar komputer.Pada kesempatan kali ini,saya ingin menjelaskan materi mengenai Physical layer. Apa itu physical layer ?
Physical layer merupakan salah satu model dalam OSI layer.Dan physical layer merupakan layer terbawah dari model layer OSI dari jaringan komputer.

B.Latar Belakang

     Latar belakang dari penulisan ini adalah karena saya ingin membahas secara lebih rinci semua model OSI layer satu-persatu.

C.Maksud dan Tujuan

     Bermaksud untuk membahas lebih rinci mengenai materi OSI layer.Dan bertujuan agar dapat lebih memahami secara lebih rinci mengenai 7 model dari OSI layer.

D.Waktu Pelaksanaan

     Di laksanakan pada hari Sabtu,tanggal 23 Maret 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E.Pembahasan
  • Pengertian

     Physical layer merupakan salah satu model dalam OSI layer.Dan physical layer merupakan layer terbawah dari model layer OSI dari jaringan komputer.Layer ini termasuk ke dalam lower layer dan terletak di bawah data link.Layer ini berhubungan dengan masalah listrik,prosedural, mengaktifkan,menjaga dan menonaktifkan hubungan fisik.Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub,repeater,network adapter atau network interface card,dan host bus adapter (di gunakan di storage area network).
  • Peran dari Physical Layer :

1.Deteksi error selama transmisi,
2.Mensinkronkan transmisi sinyal,
3.Spesifikasi standar untuk berkomunikasi dengan media jaringan,
4.Format sinyal electrical untuk transmisi lewat media jaringan,
5.Memindahkan bit antar device,
6.Mengirim dan mnerima bit,dan
7.Menentukan kebutuhan listrik,mekanis,prosedural dan fungsional,mempertahankan dan menonaktifkan hubungan fisik antar sistem.

  • Media

     Dalam menyusun sebuah jaringan,di perlukan beberapa media yang dapat menunjang prosesnya.Berikut ini adalah media-media yang di butuhkan untuk menghubungkan komputer antar komputer atau membentuk sebuah jaringan :

1.Twisted Pair Cable (Kabel Untiran),adalah kabel yang terbuat dari tembaga yang di untir.Kabel ini berfungsi untuk mengurangi gangguan elektromagnetik dan crosstalk kabel yang berdekatan.Kabel ini memiliki dua jenis,yaitu : UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair).Dan biasanya kabel Twisted Pair menggunakan konektor RJ 45.


2.Coaxial Cable,adalah kabel yang terbuat dari tembaga yang di selingi dengan anyaman halus.Kabel ini memiliki harga yang lebih mahal daripada Twisted Pair,namun kualitas yang di berikan juga lebih baik.Kabel ini berfungsi untuk menyalurkan setiap informasi yang telah di ubah menjadi sinyal-sinyal listrik.



3.Fiber Optic (Serat optik),adalah kabel yang terbuat dari kaca yang sangat halus dan memiliki kecepatan transmisi data yang tinggi.Kabel ini bekerja dengan cara memanfaatkan refleksi atau pantulan dari gelombang cahaya.Terdapat dua jenis kabel fiber optic,yaitu kabel fiber optic single-mode dan kabel fiber optic multi-mode.


4.Komunikasi Tanpa Kabel (Wireless) : Radio Wave (Gelombang radio AM dan FM,serta infrared),Gelombang Mikro (Satelit dan Infrared),Bluetooth dan Wifi.

5.NIC (Network Interface Card),Merupakan kartu yang di masukkan ke dalam komputer.Berfungsi untuk membuat frame dan meneruskan sinyal biner keluar komputer dan meneruskannya ke kabel jaringan.



6.Hub,merupakan perangkat keras yang bekerja dengan cara menyebarkan data ke semua client secara broadcast.sedangkan Switch,memiliki cara bekerja yang sama dengan hub,hanya saja switch lebih efisien dalam menjalankan tugasnya daripada hub.





7.Repeater,merupakan hardware jaringan komputer yang berfungsi untuk memperpanjang proses transmisi data.





F.Manfaat Yang Di Dapat

     Dapat lebih memahami materi tentang Physical layer.  

G.Kesimpulan

     Physical layer adalah suatu lapisan fisik yang menyambungkan antara dua komputer ke internet medianya.Layer ini berkaitan langsung dengan besaran fisik,seperti listrik,magnet, dan gelombang.

H.Referensi




Modul materi Physical Layer

I.Penutup

     Cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini.Bila ada kesalahan dalam penulisan kata dan materi saya mohon maaf.



Wassalamualaikum Wr.Wb







Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Physical layer"

Post a Comment