Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Network Security dan Konfigurasi Vlan Hari Keempat

Assalamualaikum Wr.Wb.

Halo everybody,berjumpa kembali di situs blog saya.Kali ini saya akan membahas materi yang saya dapatkan di hari ketiga prakerin di BLC TELKOM KLATEN.Oke tidak berlama-lama laggi ini dia materi yang saya pelajari hari ini.

1.) Hacker dan Penyusup

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.Tujuan dari hacker yaitu untuk mencuri informasi, Pencurian identitas, memanipulasi data, dan membuat gangguan layanan.

2.) Tipe penyerangan selain hacker

  • Virus adalah program yang menyebar dengan memodifikasi program atau file lain.
  • Worms (cacing) adalah  mirip dengan virus, namun penyebarannya lewat jaringan.
  • Trojan Horse adalah aplikasi tiruan yang isinya tool/kode serangan.

3.) Metode serangan

1. DoS (Denial of Service)

  • Membanjiri sistem atau jaringan dengan lalu lintas untuk mencegah lalu lintas jaringan yang sah agar tidak mengalir (SYN flooding dan ping of death)
  • Mengganggu koneksi antara client dan server untuk mencegah akses ke layanan servernya.
2. DDoS merupakan serangan DoS yg di lakukan bersama- sama.Untuk lebih jelas,lihat gambar di bawah.

3. Brute Force

Dengan serangan brute force, komputer cepat digunakan untuk mencoba menebak password atau menguraikan kode enkripsi. Penyerang mencoba sejumlah besar kemungkinan dengan cepat untuk mendapatkan akses atau memecahkan kode.

4.Spyware

Spyware adalah program yang mengumpulkan informasi pribadi dari komputer Anda tanpa seizin atau pengetahuan Anda. Informasi ini dikirim ke pengiklan atau orang lain di Internet dan bisa memasukkan kata sandi dan nomor rekening.

6.Adware

Adware adalah bentuk spyware yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengguna berdasarkan situs yang dikunjungi pengguna. Informasi itu kemudian digunakan untuk iklan bertargetContohnya penggunaan Pop-up dan Pop-under.

4.) Aplikasi Keamanan

  •      Security Practice adalah Prosedur keamanan dapat berkisar dari tugas sederhana dan murah seperti mempertahankan rilis software, hingga implementasi firewall dan sistem deteksi yang kompleks.

  •     Security Tools adalah Banyak alat tersedia bagi pengguna jaringan untuk melindungi perangkat dari serangan dan untuk membantu menghapus perangkat lunak berbahaya dari mesin yang terinfeksi.
  •     Patches dan Update adalah Sebuah patch adalah sepotong kecil kode yang memperbaiki masalah tertentu. Pembaruan, di sisi lain, mungkin mencakup fungsionalitas tambahan pada paket perangkat lunak dan juga tambalan untuk masalah tertentu.
  •      Anti Virus 
1. Antivirus Software adalah antivirus software bergantung pada "tanda tangan virus" yang diketahui untuk menemukan dan mencegah virus baru menginfeksi komputer.



2. Antispam Software adalah host dengan mengidentifikasi spam dan melakukan tindakan, seperti menempatkannya ke folder sampah atau menghapusnya.



3. Safeguard,Sebelum meneruskan email peringatan virus, periksa pengirim yang terpercaya untuk mengetahui apakah virus tersebut adalah tipuan.

5.) Fungsi Firewall

a.) Firewall mencegah lalu lintas yang tidak diinginkan memasuki kawasan lindung jaringan.

b.) Memfilter user yang dapat mengakses jaringannya.

c.) Mengatur dan mengendalikan traffic data dalam suatu jaringan.  


         Itulah tadi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini.Semoga dapat menjadi ilmu bagi teman-teman semua.

Wasalamualaikum Wr.Wb.











Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Network Security dan Konfigurasi Vlan Hari Keempat"

Post a Comment