Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Home Network hari ketiga

Assalamualaikum Wr.Wb


A. Pendahuluan


     Halo Sobat semua, berjumpa lagi di blog artikel saya Belajar Komputer. di hari ketiga kali ini saya mempelajari beberapa materi yang berkaitan dengan Home Network.

B. Latar Belakang

     Latar belakang tulisan saya kali ini adalaah untuk berbagi tentang apa yang saya dapatkan di PRAKERIN hari ketiga.

C. Maksud dan Tujuan

     Bermaksud untuk membagikan sedikit materi mengenai Home Network dan bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan di bidang Home Network.

D. Waktu Pelaksanaan

     Di laksanakan pada hari Minggu, 03 Maret 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan

1. Menghubungkan Perangkat Rumah

     Jaringan rumah adalah LAN kecil dengan perangkat yang biasanya terhubung ke router terintegrasi dan satu sama lain untuk bertukar informasi. Router terhubung ke Internet. Kemungkinan besar, router rumah dilengkapi dengan kemampuan kabel dan nirkabel. Salah satu keunggulan utama nirkabel adalah kemampuan menyediakan konektivitas kapan saja dan di mana saja. Dalam LAN rumah, item seperti ponsel pintar dan tablet bersifat mobile. Televisi dan perangkat audio / video lainnya dapat dipasang di lokasi yang lebih permanen dan dapat memanfaatkan konektivitas kabel.

2. Pengaturan Nirkabel

Router nirkabel menggunakan standar 802.11 memiliki banyak pengaturan yang harus dikonfigurasi. Pengaturan ini meliputi:
  • Mode jaringan
  • Nama Jaringan (SSID)
  • Saluran Standar
  • Siaran SSID
Catatan: SSID adalah singkatan dari Service Set Identifier.

     SSID adalah string alfa-numerik peka huruf hingga 32 karakter. Ini dikirim di header semua frame yang dikirimkan melalui WLAN. SSID digunakan untuk memberi tahu perangkat nirkabel, yang disebut stasiun nirkabel (STA), WLAN tempat mereka berada dan dengan perangkat lain mana mereka dapat berkomunikasi.

3.Wireless Channels

     Perangkat nirkabel yang mentransmisikan pada rentang frekuensi yang sama menciptakan gangguan dalam jaringan Wi-Fi. Perangkat elektronik rumah, seperti telepon nirkabel, jaringan nirkabel lain, dan monitor bayi, dapat menggunakan rentang frekuensi yang sama. Perangkat ini dapat memperlambat kinerja Wi-Fi dan berpotensi memutus koneksi jaringan.

4.Cable and DSL Connection

     Terdapat dua metode yang paling umum adalah: Kabel - Biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan televisi kabel, sinyal data Internet dilakukan pada kabel koaksial yang sama yang memberikan televisi kabel. Ini memberikan bandwidth tinggi, selalu aktif, koneksi ke Internet. Modem kabel khusus memisahkan sinyal data Internet dari sinyal lain yang dibawa pada kabel dan menyediakan koneksi Ethernet ke komputer host atau LAN.
     DSL - Digital Subscriber Lines menyediakan bandwidth tinggi, selalu aktif, koneksi ke Internet. Ini memerlukan modem kecepatan tinggi khusus yang memisahkan sinyal DSL dari sinyal telepon dan menyediakan koneksi Ethernet ke komputer host atau LAN. DSL berjalan melalui saluran telepon, dengan saluran dibagi menjadi tiga saluran, yaitu :
  • Satu saluran digunakan untuk panggilan telepon suara.
  • Saluran kedua adalah saluran unduhan yang lebih cepat,
  • Saluran ketiga digunakan untuk mengirim atau mengunggah informasi.
5.Changing Default Setting

     Mengubah pengaturan default pada router nirkabel tidak akan melindungi jaringan Anda dengan sendirinya. Sebagai contoh, SSID ditransmisikan dalam plaintext. Ada perangkat yang akan memotong sinyal nirkabel dan membaca pesan teks biasa. Bahkan dengan siaran SSID dimatikan dan nilai default berubah, penyerang dapat mempelajari nama jaringan nirkabel melalui penggunaan perangkat ini yang mencegat sinyal nirkabel. Informasi ini akan digunakan untuk terhubung ke jaringan. Dibutuhkan kombinasi beberapa metode untuk melindungi WLAN Anda.

7.Securing User Authenticathion
  • Mengamankan Otentikasi Pengguna
     Selain pemfilteran alamat MAC, cara lain untuk mengontrol siapa yang dapat terhubung ke jaringan Anda adalah dengan mengimplementasikan otentikasi. Otentikasi adalah proses mengizinkan entri ke jaringan berdasarkan pada set kredensial. Ini digunakan untuk memverifikasi bahwa perangkat yang mencoba terhubung ke jaringan tepercaya. Ada tiga jenis metode otentikasi nirkabel: otentikasi terbuka, PSK dan EAP. Baik PSK dan EAP berada di luar cakupan kursus ini.
  • Buka Otentikasi
     Secara default, perangkat nirkabel tidak memerlukan otentikasi. Ini disebut sebagai otentikasi terbuka. Otentikasi terbuka hanya boleh digunakan pada jaringan nirkabel publik seperti yang ditemukan di banyak sekolah dan restoran. Ini juga dapat digunakan pada jaringan di mana otentikasi akan dilakukan dengan cara lain setelah perangkat terhubung ke jaringan. Utilitas pengaturan pada banyak router menonaktifkan otentikasi terbuka dan secara otomatis mengatur otentikasi pengguna yang lebih aman di LAN nirkabel. Angka tersebut adalah topologi. Laptop terhubung secara nirkabel ke titik akses, yang terhubung ke server.

8.Encryption Tehcniques For Wireless
  • Teknik Enkripsi untuk Nirkabel
     Router nirkabel awal menggunakan bentuk enkripsi yang dikenal sebagai Wired Equivalency Protocol (WEP) untuk mengamankan transmisi nirkabel antara klien dan titik akses. Wired Equivalency Protocol (WEP) adalah fitur keamanan yang mengenkripsi lalu lintas jaringan saat bergerak di udara. Namun, ada kelemahan dalam WEP, termasuk penggunaan kunci statis pada semua perangkat yang mendukung WEP pada LAN nirkabel. Ada aplikasi yang tersedia untuk penyerang yang dapat digunakan untuk menemukan kunci WEP. Aplikasi-aplikasi ini sudah tersedia di Internet. Setelah penyerang mengekstrak kunci, mereka memiliki akses lengkap ke semua informasi yang dikirimkan.

     Berikut ini cara untuk mengatasi kerentanan terhadap penyerangan di atas, yaitu sebagai berikut.

1. sering mengubah kunci.
2. Menggunakan WEP
3. Menggunakan bentuk enkripsi yang lebih canggih dan aman, yaitu WPA.
4. Menggunakan WPA 2

F. Manfaat Yang Di Dapat

     Dapat lebih memahami materi mengenai Home Network.

G. Kesimpulan

     Jaringan rumah adalah LAN kecil dengan perangkat yang biasanya terhubung ke router terintegrasi dan satu sama lain untuk bertukar informasi.

H. Referensi

Modul Netess Cisco Packet Tracer

I. Penutup

     Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada tulisan ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Home Network hari ketiga"

Post a Comment