Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Mengkonfigurasi Perangkat Cisco Prakerin Hari Kelima BLC Telkom Klaten

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan


    Hay hay kalian semua,apa kabar kalian hari ini.Berjumpa lagi di blog saya,kali ini saya akan memaparkan hari kelima saya prakerin di blc telkom klaten.Dan hari ini materi yang akan saya bahas adalah materi mengenai mengkonfigurasi perangkat cisco.

B. Latar Belakang
    Latar belakang dari tulisan saya kali ini adalah untuk berbagi materi mengenai cara konfigurasi perangkat cisco, seperti router dan switch.

C. Maksud dan Tujuan
    bermaksud untuk berbagi pengetahuan mengenai konfigurasi perangkat di cisco dan bertujuan untuk lebih memahami dasar-dasar konfigurasi. 

D. Waktu Pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari Minggu, tanggal 05 Maret 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan

1.)Perangkat LAN Cisco
  • switch cisco
    Merupakan sebuah perangkat yang di gunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat di jaringan yang sama. Berbeda dengan router yang dapat menghubungkan antar jaringan yang berbeda. Ketika memilih switch untuk LAN tertentu, ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu : jenis dan nomor port, kecepatan yang di perlukan, perluasan dan bisa di kelola. Contoh : Cisco Catalyst 2960 Series Ethernet switches itu cocok untuk jaringan berskala kecil dan sedang. Mereka menyediakan konektivitas 10/100 Fast Ethernet dan 10/100/1000 Gigabit LAN Ethernet.
    Saat switch aktif, Power-On-Self-Test (POST) dimulai. Selama POST, LED berkedip saat serangkaian tes menentukan bahwa switch itu berfungsi dengan baik. POST selesai saat LED SYST berkedip hijau dengan cepat. Jika switch gagal melakukan POST, LED SYST berubah menjadi berwarna kekuningan. Manajemen out-of-band mengharuskan komputer terhubung langsung ke port konsol perangkat jaringan yang sedang dikonfigurasi. Gunakan manajemen in-band untuk memantau dan membuat perubahan konfigurasi ke perangkat jaringan melalui koneksi jaringan. Sebuah perangkat cisco memuat 2 file berikut ke dalam RAM saat di-boot:1. IOS Image file,2.Startup configuration file.

2.)Perangkat Internetworking
  • Router Cisco
    Semua router pada dasarnya adalah komputer. Ya seperti komputer, router memerlukan: sistem operasi (OS), central processing unit (CPU), random access memory (RAM), read-only memory (ROM), dan nonviolative random access memory (NVRAM).Setiap router cisco memiliki komponen perangkat keras umum yang sama, dan koneksi-koneksi ini yaitu: port konsol, 2 interface LAN, dan slot enhanced high-speed WAN interface (EHWIC).

# Pemasangan Router
    Ikuti tahapan-tahapan ini untuk menghidupkan sebuah router cisco.
  1. Pasang dan tempelkan chassis perangkat.
  2. Pasangkan external compact flash card.
  3. Sambungkan kabel daya.
  4. Konfigurasikan perangkat lunak emulasi terminal pada PC.
  5. Hidupkan router.
  6. Amati pesan startup di PC saat booting router.
3.)Menjelajahi IOS Cisco

# Mengarahkan IOS
    Command line interface (CLI) adalah program berbasis teks yang memungkinkan masuk dan menjalankan perintah IOS Cisco untuk mengkonfigurasi, memantau, dan memelihara perangkat Cisco. Untuk awalnya mengkonfigurasi perangkat Cisco, koneksi konsole harus dibuat.Sebagai fitur keamanan, perangkat lunak Cisco IOS memisahkan akses manajemen ke dalam dua mode perintah berikut: mode EXEC user dan mode EXEC privilleged. Modus konfigurasi global diidentifikasi dengan sebuah prompt yang diakhiri dengan (config)# setelah nama perangkat, seperti Switch(config)#.

# Struktur Perintah(Command)
  1. Sintaks umum untuk sebuah perintah adalah perintah yang diikuti oleh kata kunci dan argumen yang sesuai:
  2. Keyword - sebuah parameter spesifik yang ditentukan dalamsistem operasi (pada gambar, protokol IP).
  3. Argument - tidak ditentukan; nilai atau variabel yang ditentukan oleh pengguna (pada gambar, 192.168.10.5).
  4. ping ip-address – perintahnya adalah ping dan argumen yang ditetapkan pengguna adalah ip-address dari perangkat tujuan.
  5. traceroute ip-address – perintahnya adalah traceroute dan argumen yang ditetapkan pengguna adalah ip-address dari perangkat tujuan.
  6. IOS Cisco itu memiliki dua bantuan sensitif konteks dan cek sintaks perintah.
  7. Perintah dan kata kunci dapat dipersingkat menjadi jumlah karakter minimum yang mengidentifikasi pilihan yang unik. 
# Menggunakan Perintah Show

1. Untuk memverifikasi dan mengatasi masalah pengoperasian jaringan, periksa pengoperasian perangkat menggunakan perintah ‘show’

    show running-config
    show interfaces
    show arp
    show ip route
    show protocols
    show version

2. Jika anda login ke router atau switch secara ‘remote’,perintah ‘show version’ adalah sarana yang sangat baik untuk menemukan informasi ringkasan yang mudah didapat dengan mudah tentang perangkat tertentu yang anda gunakan untuk terhubung.

F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat lebih memahami mengenai konfigurasi dasar dari perangkat cisco router dan switch.

G. Kesimpulan
    Switch merupakan sebuah perangkat yang di gunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat di jaringan yang sama. Sedangkan Router adalah perangkat yang berfungsi untuk merutekaan paket data informasi mealalui rute terbaik.

H. Referensi
    Modul Cisco Netess

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa di blog-blog selanjutnya.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengkonfigurasi Perangkat Cisco Prakerin Hari Kelima BLC Telkom Klaten"

Post a Comment