Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Persamaan dan Perbedaan Dari TCP/IP dan OSI layer

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan


    Halo Sobat IT semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai persamaan dan perbedaan antara TCP/IP dengan OSI layer. Nah untuk lebih jelasnya, bacalah artikel ini sampai selesai.

B. Latar Belakang
    Latar belakang penulisan ini adalah untuk berbagi pengetahuan dengan pembaca mengenai persamaan dan perbedaan dari TCP/IP dengan OSI layer.

C. Maksud dan Tujuan
    Bemaksud untuk berbagi pengetahuan mengenai perbedaan antara TCP/IP dan OSI layer. Bertujuan agar pembaca juga dapat mengetahui persamaan dan perbedaan antara TCP/IP dengan OSI layer.

D. Waktu Pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari Jum'at, tanggal 12 April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan
    OSI (Open Systems Interconnect) adalah Layer yang di kembangkan oleh sebuah organisasi yang merupakan badan standarisasi internasional ISO, pengembangan ini merupakan usaha untuk menstandarisasi komunikasi data antara berbagai vendor agar tidak terjadi monopoli agar berbagai vendor dapat saling berkomunikasi. Sedangkan TCP/IP Layer sendiri dikembangkan oleh DoD (Departement of Defense) U.S pada tahun 1970an, kenyataannya model teknologi TCP/IP ini ternyata lebih populer dan lebih banyak di gunakan di pasaran ketimbang model yang dikembangkan oleh OSI.
  • Persamaan OSI Layer dengan TCP/IP Layer
  1. Kedua model ini sama-sama menggunakan Layer dalam menjelaskan proses komunikasi data,
  2. Kedua model ini juga sama-sama memiliki Application Layer, walaupun terdapat perbedaan fungsi untuk layer tersebut,
  3. Masing-masing dari model ini memiliki Transport dan Internet (network) Layer,
  4. Kedua belah pihak menggunakan asumsi pengiriman paket data secara packet-switched dalam mencapai alamat tujuannya, dan
  5. Dan bagi seorang jaringan yang profesional, kedua model tersebut harus dipelajari untuk memahami konsep dasar komunikasi data di jaringan.
  • Perbedaan OSI Layer dengan TCP/IP Layer
  1. Di sebuah OSI Layer terdapat tiga layer yang berkaitan dengan Aplikasi (Application, Presentation, dan Session) sedangkan dalam TCP/IP hanya hanya terdapat satu Layer yang berhubungandengan aplikasi yaitu Application Layer.
  2. Di dalam sebuah OSI Layer Proses komunikasi data yang di lakukan di dalam jaringan di kerjakan secara physical dan di modelkan dalam dua layer (Data Link dan Physical Layer) sedangkan pada TCP/IP hanya di modelkan dalam satu layer saja yaitu Network Access.
  3. OSI Layer mempunyai 7(tujuh) Layer dalam menjelaskan proses komunikasi data di dalam jaringan sedangkan pada TCP/IP hanya mempunyai 4(empat) Layer untuk melakukan proses yang sama.
  4. TCP/IP lebih populer untuk digunakan karena modelnya yang lebih sederhana daripada model OSI. Dan teknologi yang sebagian digunakan oleh kita di kehidupan sehari-hari untuk mengakses internet adalah teknologi TCP/IP, bukan teknologi OSI.
  5. OSI mengembangkan modelnya berdasarkan teori, sedangkan TCP/IP mengembangkan modelnya setelah sudah di implementasikan. Di masa depan, kemungkinan TCP/IP akan menjadi standart dunia jaringan komputer, tidak seperti OSI.
F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat lebih memahami mengenai persamaan dan perbedaan dari TCP/IP dan OSI layer.

G. Kesimpulan
    TCP/IP memiliki tingkat kepopuleran dalam hal jumlah pengguna daripada OSI layer karena modelnya yang sederhana, sehingga mudah di mengerti dan mudah untuk di implementasikan.

H. Referensi
https://informatikalogi.com/perbedaan-osi-layer-dan-tcp-layer/

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Dan selamat bertemu di blog-blog selanjutnya.



Wassalamualaikum Wr.Wb




















Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persamaan dan Perbedaan Dari TCP/IP dan OSI layer"

Post a Comment