Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Mengenal Application Layer Dalam Protokol TCP/IP

Assalamualaikum Wr.Wb


A. Pendahuluan



    Halo Sobat IT semua, berjumpa lagi dengan saya Dani Fitriana di blog Belajar Komputer. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas materi mengenai arsitektur protokol TCP/IP di lapisan Application. Nah untuk lebih jelasnya, bacalah artikel ini sampai selesai.

B. Latar Belakang
    Latar belakang penulisan ini adalah untuk berbagi pengetahuan dengan pembaca mengenai application layer pada protokol TCP/IP.

C. Maksud dan Tujuan
    Bemaksud untuk berbagi pengetahuan mengenai arsitektur TCP/IP lapisan application. Bertujuan agar pembaca juga dapat mengetahui tugas dari masing-masing lapisan di protokol TCP/IP.

D. Waktu Pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari Senin, tanggal 15 April 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E. Pembahasan


    Application layer adalah sebuah lapisan yang  menyediakan program untuk aplikasi user dan memiliki tanggung jawab atas pertukaran informasi antara program komputer. Contoh dari Protokol-protokol dan layanan dari lapisan application : FTP, Telnet, SMTP, HTTP, POP, WWW, Web Browser, e-Mail. Berikut ini adalah fungsi dari lapisan application di protokol TCP/IP.
  1. Mengatur mengenai jenis protokol aplikasi apa yg akan di pakai dalam proses komunikasi antar perangkat lunak aplikasi berbasis jaringan. Dapat di contohkan apabila kita sedang melakukan searching di sebuah browser, maka baik aplikasi di pihak client maupun server harus sepakat menggunakan protokol aplikasi yg sama, dan di dalam hal ini yang di gunakan adalah protokol aplikasi HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).
  2. Mengatur mengenai format data yang akan ditransaksikan, contoh apabila data berbentuk text maka yang harus di gunakan adalah ASCII, lalu jika berbentuk data audio harus menggunakan wav atau data video harus menggunakan mov dan sebagainya.
  3. Mengatur tentang enkripsi dan dekripsi data (kaitannya dengan keamanan data), juga mengatur tentang kompresi dan dekompresi data (misal digunakan pada komunikasi VoIP, dimana data audio yg dikirimkan tidak besar, maka sebelum dikirim datanya dikompres dulu menggunakan metode encoding tertentu)
  4. Mengatur tentang sesi komunikasi data antar aplikasi berbasis jaringan, hal ini agar dimungkinkan client dapat berkomunikasi dengan lebih dari satu server, demikian sebaliknya agar server dapat menerima sesi komunikasi dengan lebih dari satu client.  Hal inilah sebabnya kita bisa buka lebih dari satu website pada browser, demikian sebaliknya server facebook dapat diakses dari banyak client.
F. Hasil Yang Di Dapat
    Dapat lebih memahami lapisan-lapisan dari protokol TCP/IP dan OSI layer secara lebih baik.

G. Kesimpulan
    Lapisan application di protokol TCP/IP memiliki tugas utama dalam mengatur pertukaran data di antara program-program komputer.

H. Referensi
Modul mengenai perbedaan antara OSI dan TCP/IP

I. Penutup
    Cukup sekian apa yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Dan selamat bertemu di blog-blog selanjutnya.



Wassalamualaikum Wr.Wb




















Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Application Layer Dalam Protokol TCP/IP"

Post a Comment