Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Data Link Layer


Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan


     Halo Sobat semua, berjumpa lagi di blog saya Belajar komputer. Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan kalian materi mengenai Data link layer. Data link layer merupakan salah satu jenis dari lapisan model OSI layer. Data link merupakan lapisan ke 6 apabila menjadi data sender dan merupakan lapisan ke dua untuk receiver.

B. Latar Belakang

     Latar belakang tulisan saya kali ini adalah karena saat ini saya sedang terfokus untuk menyelesaikan yang saya targetkan di prakerin saya, yaitu memahami OSI layer.

C. Maksud dan Tujuan

     Bermaksud untuk memberikan wawasan lebih mengenai Model OSI layer ke dua, yaitu Data link layer.

D. Waktu Pelaksanaan

     Di laksanakan pada hari Senin, 25 Maret 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E.Pembahasan
  • Pengertian Data Link Layer
     Data link layer adalah salah satu dari 7 model OSI layer yang memiliki tugas untuk menyediakan sebuah prosedur pengiriman data antar jaringan. Jadi dengan adanya layer ini,setiap paket data yang akan di transmisikan ataupun akan di terima oleh user, akan di proses, sehingga memungkinkan untuk di lanjutkan ke layer berikutnya, yaitu network layer ataupun physical layer.
  • Ciri Utama Dari Data link Layer
     Data link layer memiliki alamat tersendiri yang sudah di kodekan secara langsung ke dalam network card ketika kartu itu pertama kali di buat.Dan itulah yang di sebut dengan MAC Adrress.
  • Fungsi Dari Data Link Layer
1.Melakukan pengelompokan secara logis

     Proses pengelompokan adalah proses penyatuan beberapa paket data menjadi paket data terpadu tunggal. Ketika paket data mulai di proses melalui lapisan OSI layer, maka paket data akan di pecah menjadi potongan-potongan kecil.

2.Menyediakan akses ke media menggunakan MAC Adrress

     MAC Adrress adalah kode alamat yang di cetak secara fisik, untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam jaringan komputer. Dengan adanya data link layer, maka setiap proses transmisi yang ada bisa memiliki akses ke alamat MAC yang sudah ada secara fisik.

3. Mendeteksi kesalahan pengiriman dan pengiriman paket data dan melakukan proses pengkoreksian

     Data link akan mendeteksi apabila terjadi kesalahan pengiriman data yang melewati lapisannya dan kemudian melakukan koreksi secara otomatis. Sehingga paket data akan tetap di transmisikan tanpa adanya kesalahan sedikitpun.

4. Menggabungkan paket data ke dalam byte, dan menggabungkan byte ke dalam frame

     Merupakan fungsi lanjutan dari data link, yaitu untuk menggabungkan beberapa paket data ke dalam bentuk frame dan kemudian menggabungkan byte-byte menjadi frame.
  • Sub Layer Pada Lapisan Data Link
1. LLC (Logical link Control), Berfungsi untuk memeriksa kesaalahan dan menangani transmisi frame.
2. MAC (Medium Access control), Berfungsi mengambil dan melepas data dari dan ke kabel, menetukan protokol untuk akses ke kabel yang di share di dalam LAN.
  • Perangkat Yang Bekerja Pada Lapisan Data Link Layer
     Perangkat yang bekerja di dalam lapisan data link layer adalah switch dan bridge.Berikut ini fungsi dari ke dua perangkat tersebut.

1. Memecah-mecah jaringan yang terdiri dari satu server ke dalam beberapa user,
2. Menggabungkan sebuah jaringan menjadi satu-kesatuan jaringan yang besar,
3. Memeriksa dan mencatat source MAC Adrress dari setiap frame yang datang,
4. frame dapat di filter tergantung dari MAC Adrress Destination, dan
5. Menghilangkan loops yang di sebabkan adanya koneksi redundant dengan menggunakan Spanning Tree Protocols (STP).
  • Layanan Dari Data Link Layer
1. Layanan Unacknowledged Connectionless, yaitu di mana mesin sumber mengirimkan sebuah frame ke mesin yang di tuju dengan tidak memberikan acknowledgedment bagi frame yang di terima tersebut.Tidak ada koneksi yang di buat baik sebelum maupun sesudah frame di kirimkan.

2. Layanan Acknowledged Connectionless, Layanan ini juga tidak menggunakan koneksi, setiap frame di kirimkan secar independent dan secara acknowledged.

3. Layanan Acknowledged Connection Oriented, layanan ini menjamin bahwa setiap frame yang di terima benar- benar hanya sekali dan semua frame di terima dalam urutan yang benar. Di proses ini,terdapat 3 tahapan dalam pemindahan data, yaitu sebagai berikut.

  • Fase 1 : Koneksi di tentukan dengan membuat kedua mesin menginisialisasi variabel-variabel dan counter yang di perlukan untuk mengawasi frame yang mana yang telah diterima dan mana yang belum.
  • Fase 2 : Satu frame atau lebih mulai di transmisikan.
  • Fase 3 : Koneksi di lepaskan, pembebasan variabel, buffer dan resource lainnya untuk menjaga koneksi.

F. Manfaat Yang Di Dapat

     Dapat menambah wawasan yang lebih di setiap layer OSI. Dengan begitu, kita dapat memahami semua lapisan layer OSI secara lebih mendalam.

G. Kesimpulan

     Lapisan data link merupakan salah satu dari lapisan di model lapisan OSI layer yang berfungsi untuk menyediakan sebuah prosedur pengiriman data antar jaringan.

H. Referensi



I. Penutup

     Cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, apabila ada salah dalam penulisan dan lain-lain saya mohon maaf.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Data Link Layer"

Post a Comment