Chrome Pointer
Selamat Datang Sobat Di Blog Belajar Komputer, Semoga Kalian Dapat Menemukan Informasi Yang Kalian Butuhkan Di Sini

Pengenalan Jaringan || Prakerin Hari Pertama BLc Telkom Klaten

Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan

    Halo semua, perkenalkan nama saya Dani Fitriana dari SMK N 1 KEMUSU. Di sini saya akan memberikan pemaparan mengenai yang saya kerjakan di hari pertama prakerin di BLC TELKOM KLATEN.

B. Latar Belakang
    Latar belakang dari tuisan saya kali ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada teman-teman pembaca mengenai apa itu jaringan.

C. Maksud dan Tujuan
    Ingin memberikan pemahaman seputar jaringan kepada para pembaca.

D. Waktu pelaksanaan
    Di laksanakan pada hari Jum’at, tanggal 01 Maret 2019 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

E.Pembahasan
1.Berkomunikasi di Dunia Yang Terhubung
    Jaringan adalah di mana dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan dapat berbagi sumber daya.

Komponen pembentuk jaringan:

1. Network devices: hub, bridge, switch dan router.

2. End devices: PC, laptop, mobile, dll.

3. Interconnection: NIC, konektor, media (cooper, fiber optic, wireless, dll).

2.Penggolongan jaringan berdasarkan hubungan fungsional pemprosesan data :

1.Peer to peer adalah jaringan di mana semua komputer bisa menjadi client maupun server. Data adalah nilai yang mewakili sesuatu. Jaringan mentransmisikan datanya agar bisa berbagi dengan orang lain atau untuk peenyimpanan jangka panjang.

2.Client Server adalah suatu jaringan di mana salah satu komputer menjadi server dan yang lainnya sebagai client.

3.Pengertian Bandwidth dan Throughput
    Bandwidth digital adalah jumpah data yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lainnya dalam jumplah waktu tertentu yang di ukur dalam jumplah bit yang dapt di kirim melintasi media dalam hitungan detik.
    Troughput adalah ukuran sebenarnya dari transfer bit ke media selama periode waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi troughput jumplah data yang di kirim atau di terima,jenis data yang di transmisikan, dan akumulasi latency yang di hasilkan oleh jumplah perangkat jaringan yang di temui antara sumber dan tujuan.

4.Pengertian Internet
    Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia (singkatnya internet atau Internet), bekerja sama satu sama lain untuk bertukar informasi menggunakan standar umum. Melalui kabel telepon, kabel serat optik, transmisi nirkabel, dan tautan satelit, pengguna Internet dapat bertukar informasi dalam berbagai bentuk.

5.Apa itu Data ?
    Definisi data yang paling sederhana adalah bahwa data adalah nilai yang mewakili sesuatu. Kebanyakan orang menggunakan jaringan untuk mengirimkan data mereka untuk berbagi dengan orang lain atau untuk penyimpanan jangka panjang. Setiap kali Anda menekan "kirim" atau "bagikan" di aplikasi atau aplikasi komputer, Anda memberi tahu perangkat Anda untuk mengirim data ke tujuan di suatu tempat di jaringan. Terkadang, data sedang dikirim oleh perangkat Anda dan Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa ini sedang terjadi. Contohnya adalah ketika Anda mengatur utilitas pencadangan otomatis, atau ketika perangkat Anda secara otomatis mencari router di hotspot Wi-Fi.

6.Apa Itu Bit ?
    Tahukah Anda bahwa komputer dan jaringan hanya bekerja dengan digit biner, nol dan satu? Sulit membayangkan bahwa semua data kita disimpan dan dikirim sebagai serangkaian bit. Setiap bit hanya dapat memiliki satu dari dua nilai yang mungkin, 0 atau 1. Bit istilah adalah singkatan dari "binary digit" dan mewakili bagian terkecil dari data. Manusia menafsirkan kata-kata dan gambar, komputer hanya menafsirkan pola bit.Komputer menggunakan kode biner untuk mewakili dan menafsirkan huruf, angka, dan karakter khusus dengan bit. Kode yang umum digunakan adalah Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi (ASCII). Dengan ASCII, setiap karakter diwakili oleh delapan bit.

Sebagai contoh:


Huruf kapital: A = 01000001



Nomor: 9 = 00111001



Karakter khusus: # = 00100011

    Setiap kelompok delapan bit, seperti representasi huruf dan angka, dikenal sebagai byte.Kode dapat digunakan untuk mewakili hampir semua jenis informasi secara digital: data komputer, grafik, foto, suara, video dan musik.

7.Mendapatkan Bit Bergerak
    Setelah data ditransformasikan menjadi serangkaian bit, data harus dikonversi menjadi sinyal yang dapat dikirim melintasi media jaringan ke tujuannya. Media mengacu pada media fisik di mana sinyal dikirimkan. Contoh media adalah kawat tembaga, kabel serat optik, dan gelombang elektromagnetik di udara. Sinyal terdiri dari pola listrik atau optik yang ditransmisikan dari satu perangkat yang terhubung ke yang lain. Pola-pola ini mewakili bit digital (yaitu data) dan bergerak melintasi media dari sumber ke tujuan baik sebagai rangkaian pulsa listrik, pulsa cahaya, atau gelombang radio. Sinyal dapat dikonversi berkali-kali sebelum akhirnya mencapai tujuan, karena perubahan media yang sesuai antara sumber dan tujuan.

Ada tiga metode umum transmisi sinyal yang digunakan dalam jaringan:

1. sinyal listrik - Transmisi dicapai dengan merepresentasikan data sebagai pulsa listrik pada kabel tembaga.
2. sinyal optik - Transmisi dicapai dengan mengubah sinyal listrik menjadi pulsa cahaya.
3. sinyal nirkabel - Transmisi dicapai dengan menggunakan gelombang inframerah, microwave, atau radio di udara.

G. KESIMPULAN
    Jaringan adalah di mana dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan dapat berbagi sumber daya. Dan dengan adanya jaringan ini,memudahkan manusia dalam mengakses berbagai hal yang dapat memudahkan hidup kita.

H. PENUTUP
    Cukup Sekian yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfat untuk kalian semua.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengenalan Jaringan || Prakerin Hari Pertama BLc Telkom Klaten"

Post a Comment